facebook  twitter  
 

Artikel

Perlukah berorganisasi ?
Tanggal Posting : Selasa, 15 Sepember 2015 | 03:51 WIB
Pengirim : Joko Sutopo - Dibaca : 694 Kali

"Coffee Morning #1"
Perlukah berorganisasi ?
 

“Organisasi !” Kata yang sering kita dengar setiap hari dan tidak asing di telinga kita. 
Menurut Wikipedia, Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Perlukah berorganisasi ?

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dan selalu tergantung kepada orang lain. Tidak mungkin kita memenuhi seluruh kebutuhan kita sendiri tanpa ada campur tangan orang lain. Organisasi merupakan salah satu bentuk interaksi manusia dalam memenuhi takdirnya sebagai makhluk sosial tersebut.

Sesuai dengan definisi organisasi diatas maka setiap organisasi pasti memiliki visi, misi, rencana, target,strategi, sumber daya serta manusia yang menjalankan dan mengelolanya.

Ada orang yang berpikir bahwa ikut organisasi akan mengganggu sekolah/kuliah atau pekerjaan, sibuk, ribet, menambah pekerjaan dan lain-lain. Tetapi semua alasan itu dapat diselesaikan dengan pengaturan waktu yang baik, disiplin dan komitmen.

Dengan berorganisasi kita akan banyak mendapatkan manfaat untuk perkembangan pribadi dan karir kita, manfaat itu antara lain :

1. Bersosialisasi, dengan aktif berorganisasi maka akan memperluas wawasan, memperbanyak teman, menambah pengetahuan dan pengalaman.

2. Belajar bekerja sama, di dalam organisasi kita akan bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda dan kita harus mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

3. Belajar mengatur waktu dan disiplin, semua orang sibuk dan banyak kegiatan tetapi bagaimana agar semuanya dapat berjalan dengan baik, tanpa ada yang dikorbankan. Untuk ini perlu Time management dan disiplin yang baik. Buat rencana, tentukan skala prioritas dan target yang jelas.

4. Melatih kepemimpinan, dengan berorganisasi kita akan berlatih mengatur sebuat kegiatan, menyusun rencana, membuat strategi, menetapkan target, menghitung sumber daya yang dibutuhkan, mengkomunikasikan rencana dan ide, serta mempertanggungjawabkan semua yang telah kita lakukan. Dari sini kita akan banyak belajar tentang kepemimpinan, antara lain : komunikasi, berani bicara didepan orang, kemandirian, meningkatkan kepercayaan diri dan memahami perbedaan setiap individu dalam organisasi.

5. Meningkatkan prestasi, tanpa disadari kita akan lebih dikenal orang pada saat kita aktif dalam suatu organisasi dan ini akan mempengaruhi prestasi/karir kita selanjutnya. Misalnya : saat wawancara penerimaan karyawan baru, HRD lebih suka orang yang memiliki pengalaman berorganisasi. Karena ini sebagai indikasi bahwa calon karyawan tersebut dapat bekerja sama dengan baik dalam sebuah tim (Team work). Orang yang aktif di organisasi akan terlihat berbeda dengan orang yang tidak pernah ikut organisasi. Ini merupakan nilai lebih jika kita berorganisasi.

Mari berorganisasi untuk pengembangan diri dan menyonsong hari depan yang lebih baik ! 

(JS)


Baca Juga

Silahkan Beri Komentar Anda

goo.gl/x4LzBo
 
goo.gl/T8I5jH
 
goo.gl/kn3GC6
 
www.kawanlama.com
 
www.adhiyaksa.com/
 
www.lancarbarokah.com
 
www.kawanlama.com/
 
Pengunjung
goo.gl/CbTs5K
 
www.schneider-electric.com
 
www.gerfa.co.id
 
#
 
Fanpage